Blog Siapa Syiah, mengungkap siapa syiah sebenarnya

Berbagai Macam Sekte Syiah Rafidhah

Sekte Syiah
Dijelaskan dalam kitab Daairatul Maarif bahwa Syi'ah ini bercabang-cabang menjadi lebih dari tujuh puluh tiga golongan yang terkenal.[1]

Bahkan disinyalir sendiri oleh seorang Rafidhah bernama Mir Baqir ad-Damad[2] bahwa hadits yang menjelaskan tentang terbaginya umat menjadi 73 golongan adalah Syi'ah, dan yang selamat dari golong-an-golongan ini adalah Syi'ah al-Imamiyyah.

Dikatakan oleh al-Maqrizi bahwa golongan mere-ka berjumlah sampai tiga ratus golongan.[3]
Disebutkan oleh asy-Syahrastani bahwa Rafidhah terbagi menjadi lima bagian: al-Kisaaniyyah, az-Zaidiyyah, al-Imamiyyah, al-Ghaaliyah dan al-Isma'iliyyah.[4]

Al-Baghdadi berkata: “Rafidhah setelah masa Ali bin Abi Thalib t terbagi menjadi empat golongan, Zaidiyyah, Imamiyyah, Kisaniyyah dan Ghulaat”[5] dengan satu catatan bahwa Zaidiyyah tidak termasuk ke dalam golongan Rafidhah, namun ada kelompok al-Jarudiyyah sempalan dari Zaidiyyah yang masuk ke dalam Rafidhah.
--------------------------------------------------------------

[1] Daairatul Ma'arif, 4/67
[2] Dia adalah Baqir bin Muhammad al–Istirabadi, lebih dikenal de-ngan nama Mir ad-Dammad, meninggal tahun 1041. Lihat bio-grafinya dalam buku al-Kuna wal Alqaab¸ karya Abbas al-Qummi: 2/226.
[3] Al-Maqrizi, al-Khutat, 2/351
[4] Asy-Syahrastani, al-Milal wan Nihal, 147
[5] Al-Baghdadi dalam al-Farqu Bainal Firaq, 41

Sumber: dd-sunnah.net

0 komentar:

Posting Komentar